POLITIK

Kunci Kotak Suara Dilarikan, Gembok Kotak Suara Rusak, PANWASLU Masih Sibuk Melakukan Kajian

Belopa, Lagaligopos.com – Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Walenrang ditangkap Polisi Resort (Polres) Luwu karena diduga pemuda Ketua PPK Walenrang berinisial IB beserta Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Walenrang bersekongkol mencuri kunci kotak suara untuk memanipulasi hasil perhitungan suara pemilihan Bupati Luwu.

Sebelumnya, IB menghilang selama dua hari. IB ditangkap tim anti teror Brimob Polisi Daerah (Polda) Sulawesi Selatan secara paksa di Sekretariat Walenrang beserta barang bukti kotak suara. Setelah tiba di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Luwu, kotak suara tersebut diperiksa para staf KPUD. Alhasil, ditemukan beberapa lembaran formulir yang telah dipalsukan. 

Setelah itu, tadi pagi (23/09/2013), Dandim kembali menemukan kerusakan pada kunci gudang tempat penyimpanan suara dan kotak suara tak tersegel di Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Walenrang.

Dari semua bukti-bukti pelanggaran tersebut, Panwaslu Kabupaten Luwu menanggapi itu semua dengan sangat formal.

“Dalam semua laporan yang masuk bukan berarti akan mengarah kepada pasangan calon, karna bukan pasangan calon yang lakukan pelanggaran, tapi oknum-oknum tertentu yang kedapatan dilapangan melakukan pelanggaran, yang mengatasnamakan tim pasangan calon tertentu, dan semua laporan yang masuk tetap kami akomodir, jika telah lengkap dan terbukti maka kami akan teruskan baik pada kepolisian jika itu pidana atau pihak tertentu yang berwenang,” tuturnya saat ditemui Lagaligopos, Senin (23/9/2013). (AC)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top