BERITA PILIHAN

Lagi, Lutim Raih Penghargaan ICTPURA 2013 Kategori Utama

Malili, Lagaligopos.com – Kabupaten Luwu Timur kembali mengukir prestasi tingkat nasional. Kali ini di bidang  pemanfaatan Teknologi Informasi yakni Penghargaan Information Communication Teknologi (ICT) Pura  2013 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Kategori Utama.

Penghargaan tersebut diperuntukan bagi daerah yang dinilai berhasil menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam berbagai stakeholder yaitu Pemerintahan, Pihak Swasta dan masyarakat.

Penghargaan ICTPURA 2013 ini diserahkan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Tifatul Sembiring kepada Wakil Bupati Luwu Timur, Thoriq Husler , di Ball Room Hotel Bumi Senyiur, Samarinda Kaltim, Kamis (31/10) malam pada puncak acara pada Malam Anugerah ICT Pura 2013 dan Apresiasi USO 2013. Ikut mendampingi Wakil Bupati adalah Kadis Hubkominfo Lutim, Andy Murphi dan Kabid Kominfo Lutim Yulius.

Menteri Kominfo, Tifatul Sembiring, dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini penggunaan teknologi Informasi khususnya internet saat ini merupakan sebuah kebutuhan utamanya dalam mendorong akselerasi kemajuan pembangunan di daerah. Sehingga kalau daerah yang menentang IT maka daerah tersebut akan ketinggalan, sebaliknya jika IT di daerah maju maka sudah pasti masyarakat di daerah itu akan cerdas.

Tifatul juga menyinggung tentang pentingnya security dalam dunia telekomunikasi mengingat teknologi saat ini tersambung dengan dunia global dimana rawan terjadinya sadap menyadap. Menkominfo kemudian mencontohkan bahwa pada Tahun 2012 terdapat 39,9 juta serangan terhadap internet di Indonesia, sehingga kondisi ini menjadi perhatian bahwa persoalan kemanan jaringan merupakan hal yang serius untuk disikapi, jelas Tifatul.         

Pada Penilaian ICT Pura 2013, Luwu Timur bersaing dengan dari 187 Kabupaten dan Kota se Indonesia yang menjadi lokasi pelaksanaan penilaian ICTPura 2013. Hasilnya, Lutim berhasil menduduki peringkat Lima dari 32 Kab/kota yang berhasil mendapat penghargaan, dari Tim Penilai ICTPura 2013 yang terdiri dari Pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Detiknas) dan Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika Dan Ilmu Komputer (Aptikom) terdapat 200 (Dua Ratus) Objek Penilaian yang mengacu pada 4 (Empat) Prinsip Penghitungan Indeks yaitu : ICT Use (Intensity) yaitu Kebijakan, ICT Readiness (Infrastructur) yaitu ketersediaan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), ICT Capability (skills) yaitu Kualitas dan Kuantitas Sumber Daya Manusia pada bidang TIK, dan ICT Impact (Outcomes) yaitu manfaat yang diperoleh Pemerintah, Pihak Swasta dan masyarakat dari Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di daerah. Penilaian ini sendiri melibatkan kurang lebih 200 orang konselor serta tim independen dari Dewan TIK Nasional.

Dari 4 (Empat) Prinsip Penghitungan Indeks tersebut, Luwu Timur dinilai memiliki hasil yang baik pada semua indeks, seperti prinsip ICT Use (Intensity) dengan terbitnya Peraturan Bupati Luwu Timur tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pengembangan Egovernment, SK Bupati tentang Tim Pertimbangan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Peraturan Bupati tentang Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) serta peraturan lainya terkait pemanfaatan Teknologi informasi dan Komunikasi yang dirancang oleh Pemerintah Kab. Luwu Timur.

Dari segi infrastruktur, Pemkab. Luwu Timur telah membangun akses Internet diseluruh Kecamatan termasuk di sekolah setingkat SMP dan SMA, tersedianya Perangkat Keras (hardware) Pengolah data berupa laptop. Selain itu, Luwu Timur juga telah menggunakan 52 (Lima Puluh Dua) software/aplikasi komputer pengolah data dan aplikasi pelayanan masyarakat, yang tersebar diseluruh SKPD antara lain Website Pejabat Pengelola informasi dan Dokumentasi (PPID) SKPD, Aplikasi Keuangan (SIAKD), Aplikasi Siak (e-KTP), Aplikasi Kesehatan (SIKDA) Aplikasi Perpustakaan online (OPAC), Aplikasi Data Guru dan Ujian Nasional SD/SMP/SMA, Aplikasi GIS Pertambangan, Kehutanan, Jalan & Jembatan untuk dinas PU serta aplikasi lain berbasis E-Government, termasuk website Pemkab.Luwu Timur yang dapat diakses di www.luwutimurkab.go.id serta website SKPD sebagai subdomain.

Wakil Bupati Luwu Timur, M.Thoriq Husler melalui Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Luwu Timur, Andy Murphy mengatakan penghargaan bahwa ICTPura ini menjadi motivasi untuk memanfaatkan teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam penyelenggaraan pemerintahan (e-Government) di Kab. Luwu Timur. (yul)

 

Sumber: luwutimurkab.go.id

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top