POLITIK

Malu Dengan Daerah Tetangga, DPRD Kota Palopo Paksakan Pengadaan Randis Untuk Wali Kota

Palopo, Lagalgopos.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palopo terindikasi memaksakan pengadaan kendaraan dinas baru bagi wali kota pada APBD-P 2013. Modusnya, agar pemerintah kota memiliki kendaraan khusus untuk tamu-tamu penting.

Dari informsi yang dihimpun, awalnya pengadaan randis itu mendapat penolakan dari Wali Kota Palopo, M Judas Amir. Meskipun saat ini kendaraan yang digunakan merupakan milik pribadi dengan jenis Toyota Camry hitam. Judas lebih menginginkan agar anggaran yang ada dimanfaatkan untuk penguatan SDM serta Usaha Kecil dan Menengah (UKM) masyarakat.
 
Ketua DPRD Kota Palopo, Tasik yang dikonfirmasi via telepon selulernya mengakui penolakan wali kota itu. Namun karena pertimbangan malu terhadap daerah tetangga yang lebih dulu memiliki kendaraan yang sama, membuat pihaknya mengusulkan pengadaan randis tersebut.

“Selama ini kita tidak punya kendaraan jika ada tamu-tamu penting yang datang. Ditambah daerah tetangga sudah punya. Saya kira permintaan ini wajar,” tutur Tasik, Senin (25/11/2013).
 
Pengadaan randis itu, sebut dia, juga tidak melebihi spesifikasi. Meskipun anggaran cukup besar yakni mencapai Rp900 juta. “Kami pastikan spesifikasinya tidak melebihi. Sebab, daerah lain juga sudah memiliki randis mewah,” jelasnya.
 
Tasik juga tidak memungkiri jika melihat manfaat penggunaan anggaran  lebih efektif jika dialokasikan dalam bentuk penguatan ke masyarakat.

“Kita belum tahu apa boleh atau tidak. Makanya, wali kota tengah mengkonsultasikan dengan BPK. Kami rasa juga bantuan untuk penguatan ekonomi masyarakat itu cukup lewat pusat. Sebab, akan memberatkan APBD apabila semua mau kelompok masyarakat yang sudah dibina diberikan penguatan yang sama. Jumlahnya minimal 10 kelompok per kecamatan,” kata Tasik.

Sementara itu, di website Layanan Pengadaan Secara Online (LPSE) Kota Palopo, tertera anggarkan untuk pengadaan Randis tersebut mencapai 1,27 M. Bukan itu saja dari dokumen lelang pengadaan kendaraan dinas jabatan walikota palopo yang diposting oleh di salah pemilik akun facebook di di Grup Gerakan Rakyat Bongkar Korupsi Kota Palopo (GERBONG) dengan jelas memperlihatkan detail spesifikasi kendaraan dan juga menyebut salah satu merek produk kendaraan tertentu. (Abr)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top