LINGKUNGAN

Memasuki Musim Hujan, 30 Desa di Lutra Rawan Longsor

Masamba, Lagaligopos.com – Memasuki musim hujan, sebanyak 30 desa yang berada di Luwu Utara terancam rawan longsor. Jumlah penduduk yang terancam dari beberapa titik bencana longsor ini mencapai 26.092 jiwa.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara menyebutkan titik potensi rawan longsor berada pada lima desa di Kecamatan Sabbang, empat desa di Masamba, tujuh desa di Limbong, tiga desa di Rampi, dan enam desa di Seko.

Kepala Pelaksana BPBD Luwu Utara, Andi Eviana mengatakan, daerah yang rawan bencana longsor berada di pegunungan. Untuk itu, masyarakat daerah pegunungan yang rawan longsor sudah diberikan peringatan untuk waspada.

 “Kita sudah berikan peringatan dini kepada mereka,”ujar Evina, Jumat, (01/11/2013).

Eviana mengatakan, longsor yang sering terjadi di Luwu Utara tidak seperti daerah lain. Hanya saja, BPBD meminta masyarakat harus waspada. Masyarakat ini sudah tahu tanda-tanda terjadinya longsor. Olehnya itu, masyarakat tidak perlu menunggu informasi dari pemerintah.

Kepala desa dan camat juga sudah diminta  untuk terus waspada. Bagi masyarakat yang fisiknya lemah, tidak perlu turun memberikan  pertolongan apabila terjadi longsor. Anggaran yang disiapkan BPBD untuk membiayai  operasional bencana di Luwu Utara selama satu tahun sangat minim. Hanya sekira Rp400 juta.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Kontruksi BPBD Luwu Utara, Irwan mengatakan, sudah mempersiapkan diri turun melakukan pemulihan apabila terjadi bencana longsor di Luwu Utara. ”Kita disini bertugas mengkordinasikan seluruh kebutuhan yang ada di daerah yang tertimpa bencana,” ujarnya.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara, berikut desa-desa yang potensial rawan longsong menjelang musim hujan: 

Kecamatan Sabbang
1.Desa Tulak Tallu 
2.Desa Pararra 
3.Desa Malimbu 
4.Desa Salama 
5.Desa Tandung
 
Kecamatan Masamba
1.Desa Lero 
2.Desa Pincara 
3.Desa Lantang Tallang 
4.Desa Sepakat

Kecamatan Limbong 
1.Desa Marampa 
2.Desa Rindingallo 
3.Desa Minanga
4.Desa Komba
5.Desa Pengkedekan 
6.Desa Kanandede

Kecamatan Rampi
1.Desa Sulaku 
2.Desa Dodolo 
3.Desa Tedeboe
 
Kecamatan Seko 
1.Desa Tirobali 
2.Desa Malimongan 
3.Desa Tanamakalean 
4.Desa Ambonatana 
5.Desa Beroppa
6.Desa Hoyane 
7.Desa Lodang

 

Sumber: Fajar.co.id/Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lutra 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top