BERITA PILIHAN

Pinjaman Bergulir Gapoktan Lutim Menunggak 700 Juta

Malili, Lagaligopos.com – Bantuan langsung masyarakat untuk pengembangan usaha agribisnis perdesaan (BLM-PUAP) di Luwu Timur tersendat. Total tunggakan dari 101 Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) mencapai Rp700 juta.

Menurut Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BLM-PUAP Dinas Pertanian Luwu Timur, Haidir, tunggakan terjadi karena banyak masyarakat yang gagal panen.     

“Tunggakan terjadi karena masyarakat gagal panen dan pemahaman masyarakat yang menilai itu dana hibah. Anggapan itu akhirnya membuat petani enggan mengembalikan uang itu kepada pemerintah,” ucap Haidir.

Haidir berujar bahwa sekiranya petani mengembalikan, dana tersebut akan terus bergulir dan akan kembali kemasyarakat juga. Sebab, salah satu masalah yang dihadapi petani adalah minimnya suntikan modal.

Ditempat terpisah, Bupati Luwu Timur, H Andi Hatta Marakarma mengingatkan kepada Camat dan kades agar berperak aktif dalam memaksimalkan dana Bantuan Langsung Masyarakat untuk Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (BLM PUAP).

“Saya minta pengelolaan dana BLM PUAP yang berada di Gapoktan untuk diperbaiki dan ditata ulang. Camat dan kades harus aktif turun ke lapangan dan memantau perkembangan dana PUAP di Gapoktan,” harap Hatta. (***)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top