BREAKING NEWS
You are here: Home » BERITA PILIHAN » Sopir Keluhkan Pungli di Pos Kehutanan
Sopir Keluhkan Pungli di Pos Kehutanan

Sopir Keluhkan Pungli di Pos Kehutanan

MASAMBA, LAGALIGOPOS.COM – Sejumlah sopir truk pengangkut kayu mengeluhkan pungutan liar (Pungli) yang dilakukan oknum yang menjaga di Pos Kehutanan yang berada di Desa Mari-Mari, Kecamatan Sabbang, Kabupaten Luwu Utara (Lutra).

Menurut Ridwan (45) salah seorang sopir truk dari Luwu Timur (Lutim) Pungli yang dilakukan di Pos Kehutanan Mari-Mari sudah terjadi satu pekan terakhir dan besaran pungutan yang ditarik bervariasi pada setiap mobil truk yang melintas memangkut kayu Rp 200-300 Ribu.   

“Saya berangkat dari Lutim mengangkut kayu hendak ke Kabupaten Sidrap, namun pas di Pos Mari-Mari, Lutra, saya memperlihatkan kelengkapan dokumen kayu yang saya angkut. Setelah diperiksa, malah ada yang meminta uang Rp 300 Ribu. Awalnya saya tolak, tapi setelah leher saya dicekik terpaksa saya kasi,” kata Ridwan, Senin (15/6/15).

Senada, Aksan (27) kondektur mobil truk pengangkut kayu membenarkan bila sudah sepekan terakhir setiap melintas di Pos Kehutanan Mari-Mari harus menyetor dana pada petugas kehutanan yang berjaga di pos tersebut.

“Saya selalu yang turun dari mobil untuk memperlihatkan dokumen pada petugas jaga pos dan harus memang di siapkan dana Rp 200 Ribu disela-sela dokumen yang nantinya diambil oleh petugas itu,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis Kehutanan dan Perkebunan (Hutbun) Armiyadi saat ditemui di ruang kerjanya membantah keras adanya pemungutan dana pada sopir truk yang mengangkut kayu di Pos Mari-Mari yang dilakukan oleh petugas dari Dinas Kehutanan Lutra.

“Tidak betul itu karena dari nama Kevin dan Akram yang disebutkan oleh sopir (Ridwan) yang melakukan pungutan tidak masuk dalam daftar petugas kami yang jaga di Pos Mari-mari,” kata Armyadi.

Bahkan, lanjut Armyadi, saya sudah memanggil semua anggota dari Polisi Kehutanan yang namanya masuk dalam daftar jaga untuk dikroscek kebenaran laporan dari para sopir.

“Semuanya mengaku tidak pernah melakukan hal yang dimaksudkan. Untuk membuktikan dugaan Pungli itu, harusnya pihak sopir ambil foto oknum yang melakukan itu. Kalau memang ada anggota Polhut yang terbukti melakukan pungli, maka akan saya tindaki dengan tegas,” ujarnya.

Reporter: Ai

Editor: Rival Pasau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
shared on wplocker.com