SSI Rilis Hasil Survei Terbaru Pilgub Sulsel, Nurdin Abdullah Unggul Jauh

MAKASSAR, LAGALIGOPOS.COM – Jelang hari pencoblosan, Lembaga Survei Script Survei Indonesia (SSI) merilis hasil surveinya di Pilgub Sulsel 2018.

Hasilnya, dari empat pasang calon Gubernur Sulsel yang bertarung, hasilnya, pasangan nomor urut 3, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan) unggul jauh dari sisi elektabilitas, ketimbang tiga kandidat lainnya, yakni sebesar 37,7 persen.

Diperingkat kedua NH-Aziz sebesar 25,49 persen. Sedangkan diurutan ketiga ada IYL-Cakka 19,88 persen dan terakhir Agus-Tanribali dengan 4,76 persen. Dan yang belum menetukan pilihan sebanyak 12,80 persen.

Untuk survei Top of Mind atau survei kepada pemilih yang spontan memilih, Pasangan Nurdin Abdullah menempati posisi teratas dengan posisi 31,5 persen, disusul Nurdin Halid sebesar 21,73 persen. Sedangkan Ichsan Yasin Limpo sebesar 16,30 persen dan Agus Arifin Nu’mang hanya sebanyak 6,21 persen.

Berikutnya, pada aspek strong voters (pemilih yang sudah sangat sulit berpindah ke kandidat lain) empat pasang kandidat tersebut. Hasilnya, Prof Prof Andalan memiliki strong voter terbesar yakni 33,16 persen. Pasangan NH-Aziz sebesar 17,17 persen strong voters, IYL-Cakka hanya 13,78 persen. Sedangkan Agus-Tanribali 3,51 persen.

“Kita lakukan survei di semua kabupaten kota dengan mengambil 820 responden yang terbagi secara proporsional di tiap daerah-daerah,” kata Direktur eksekutif SSI, Yuhardin di Myko Hotel Convention Centre, Makassar, Selasa (19/6/2018).

Namun, kata Yuhardin, masih ada sekitar 12,80 persen pemilih di Sulsel yang belum menentukan pilihan.

“Kita lakukan survei di semua kabupaten kota dengan mengambil 820 responden yang terbagi secara proporsional di tiap daerah-daerah,” ucapnya.

Survei tersebut dilakukan pada tanggal 3 hingga 12 juni 2018 di semua kabupaten kota di Sulsel dengan metodologi multistage random sampling. Sedangkan margin of error sekitar 3,5 persen. (Rilis)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top