POLITIK

Toraja Utus 2 Wakil Rakyat ke Senayan, Luwu Raya Cuma 1

PALOPO, LAGALIGOPOS.COM – Dua wakil rakyat dari Toraja berhasil lolos ke Senayan dalam Pemilu 2019 yang digelar 27 April lalu.

Keduanya lolos dari Dapil Sulsel III yang meliputi Luwu, Palopo, Luwu Utara, dan Luwu Timur, Pinrang, Sidrap, Enrekang, Tana Toraja, dan Toraja Utara.

Pertama, Sarce Bandaso Tandiasik, Caleg dari PDI Perjuangan ini berhasil meraih 46.321 suara. Ia berhak menduduki kursi keenam dari tujuh jatah kursi yang ada di Dapil Sulsel III.

Kedua, Eva Stevani Rataba. Caleg yang diusung partai NasDem ini meraih 44.240 suara. Di internal partai NasDem ia peraih suara kedua terbanyak setelah Rusdi Masse. Eva berhasil mengamankan kursi terakhir di Dapil Sulsel III.

BACA JUGA

Bandingkan Dulu dan Sekarang, Caleg Dapil Sulsel III yang Lolos ke Senayan

Luthfi Andi Mutty Tumbang

Sementara itu, untuk wilayah Luwu Raya yang merupakan lumbung suara terbesar untuk Dapil Sulsel III hanya meloloskan satu utusannya ke Senayan.

Muhammad Dhevy Bijak Pawindu yang merupakan Wija To Luwu satu-satunya, dari partai Demokrat berhasil meraih 45.790 suara. Dhevy mengungguli Caleg Demokrat lainnya, termasuk incumbent Bahrun Daido. Dhevy berhasil mengamankan kursi keempat.

Menariknya, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Toraja sekitar
162.655 dan Toraja Utara hanya 156.514.

BACA JUGA

Rusdi Masse Tertinggi, Ini Caleg Dapil Sulsel III yang Lolos ke Senayang

Jelang Pileg 2019, Datu Luwu Himbau Pilih Sesama Wija To Luwu

Jika dibandingkan dengan Toraja dan Toraja Utara, Luwu Raya (Luwu, Palopo, Luwu Utara, Luwu Timur) memiliki DPT yang jauh lebih banyak, yakni 751.461.

Untuk diketahui Saat ini, proses rekapitulasi suara masih berlangsung di KPU. Walaupun begitu, dari perhitungan suara yang dilakukan masing-masing internal partai politik, sudah diketahui nama-nama Caleg yang lolos ke DPR RI. (En)

1 Comment

1 Comment

  1. Caqra

    12/05/2019 - 10:24 AM at 10:24

    Berita ini tdk jauh berbeda sama hoaks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top