BERITA PILIHAN

Wabup Lutim: Sumpah Pemuda Harus Menjadi Inspirasi Untuk Membangun Bangsa

Malili, Lagaligopos.com – Jika biasanya upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda dipusatkan di Kota Malili, Ibu Kota Kabupaten Luwu Timur, namun untuk peringatan Sumpah Pemuda ke 85 dengan tema “Dengan sumpah pemuda, kita wujudkan pemuda yang santun, cerdas, inspiratif, dan berprestasi tingkat Kabupaten tahun ini berlangsung di Lapangan Wonorejo Kecamatan Mangkutana, Senin (28/10).

Bertindak selaku inspektur upacara, Wakil Bupati Luwu Timur, HM Thoriq Husler, Komandan Upacara, Bahar H satgas FKPPI dan perwira upacara, Ketua KNPI Luwu Timur, Fauzi Lukman. Untuk pembacaan UUD 1945 dari pewakilan AMPI Luwu Timur, Suarnawati, sementara pembacaan ikrar sumpah pemuda diwakili Andi Tulleng dan Fitri perwakilan KNPI Luwu Timur.

Upacara tersebut berlangsung khidmat, para pelajar, guru, TNI, Polri serta seluruh organisasi pemuda tampak hadir mengikuti. Selain Wakil Bupati, hadir pula Anggota DPRD, Suparjo, Pabung, Red Abner, Asisten Administrasi Umum, M Zabur, Asisten Pemerintahan, Syahidin Halun dan para SKPD Lingkup Pemkab Lutim.

Dalam amanatnya Husler membacakan sambutan seragam Menteri Pemuda dan Olahraga, KMRT Roy Suryo. Dikatakannya, semangat dan jiwa Sumpah Pemuda harus menjadi inspirasi untuk membangun kesadaran kolektif bangsa guna meningkatkan kualitas dan daya saing pemuda dengan tetap menjaga eksistensi pemuda dalam percaturan global “Pemuda dalam kehidupan global akan tetap menjadi eksis apabila menunjukkan sebuah kapasitas kecerdasan yang inspiratif dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, dan kreatif dalam berbagai kegiatannya” tandasnya.

Menutup sambutannya Husler meyampaikan selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-85 bagi seluruh pemuda di Luwu Timur. “Kiranya ruh dan nilai Sumpah Pemuda 1928 tetap mengilhami kita semua dalam tugas-tugas pengabdian kepada bangsa dan negara, serta seiring perubahan zaman dan dengan generasinya yang datang silih berganti, pemuda diharapkan tangguh berdialektika dan merespons dinamika kehidupan bangsa di tengah kemajuan dunia yang demikian cepat” kuncinya. (hr/hms)

 

Sumber: luwutimurkab.go.id

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top