METRO

Menpan: Kendala Teknis, Pengumuman K2 Dilakukan Bertahap

Lagaligopos.com – Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Azwar Abubakar, karena terjadi kendala teknis pengumuman honorer Kategori dua (K2) harus tertunda dan juga akan diumumkan dalam beberapa tahap.

“Untuk beberapa wilayah perlu ada perundingan khusus pemerintah karena tidak semua honorer memenuhi kriteria seperti yang ditetapkan pemerintah.  Termasuk di antaranya para guru di wilayah pedalaman,” ucap Azwar.

Seperti yang dikutip Lagaligopos dari situs Jpnn.com, sang menteri beralasan bahwa ada hal-hal yang tidak bisa di hitung oleh komputer, dan hal itu harus dibicarakan serta memakan waktu cukup lama.

“Kalau kita bicara 30 persen ya 180 ribu selesai. Komputer bilang sekian ya selesai, habis. Tapi ada daerah di kepulauan sana, gurunya yang ada itu saja (kriterianya). Kita enggak bisa pakai lagi rumus. Duduk kita bicara, gimana selesaikan ini. Saya enggak usah kasih tahu nama daerahnya lah. Di pedalaman, bahkan ada anak SMP mengajar, anak SMA juga. Jadi kita mesti berunding jugalah. Enggak bisa dengan komputer lalu selesai begitu aja,” ujar Azwar dalam jumpa pers di kantor Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (07/02/2014).

Mengingat ada beberapa pertimbangan tersebut, pemerintah memutuskan mengumumkan honorer K2 dilakukan secara bertahap.

“Sebagian diumumkan besok, Sabtu, (08/02/2014). Sementara itu, sebagian wilayah lainnya yang masih dalam pertimbangan pemerintah, karena tidak sesuai kriteria terutama di wilayah pedalaman akan dibahas lagi bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono,” tutur Azwar.

Menpan kemudian menegaskan bahwa hasil seluruh kelulusan tes kemampuan dasar (TKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari jalur tenaga honorer kategori II (K2) akan diumumkan secepatnya.

“Kalau bisa minggu ini diselesaikan semua. Sebagian kita bicarakan dengan Presiden. Kita rapikan. Sekali kita keluarkan jangan sampai ada masalah,” tandasnya. (Abr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top